Senin, 16 Agustus 2021

Beda 2 Hari! Inilah Persamaan Kemerdekaan Indonesia Dan Korea Selatan

| Senin, 16 Agustus 2021

Tanggal 17 Agustus adalah tanggal istimewa bagi rakyat indonesia. tepatnya pada 17 agustus tahun 1945 bangsa indonesia telah menyatakan kemerdekaannya, lewat proklamasi yang di proklamirkan oleh Soekarno didampingi Moh Hatta kala itu. pembacaan proklamasi tersebut juga menjadi tanda bahwa indonesia telah terbebas dari segala penjajah.

tak hanya indonesia, bulan agustus juga menjadi bulan istimewa bagi korea selatan, dua hari sebelum indonesia memproklamasikan kemerdekaan, korea selatan terlebih dahulu menyatakan kemerdekaannya pada tanggal 15 Agustus 1945.

sama menyatakan kemerdekaannya dibulan agustus, ternyata indonesia dan korea selatan memiliki sejarah yang hampir serupa. berikut drkora sudah merangkum empat persamaan tersebut.


1. Dijajah Oleh Jepang.



Jepang menjajah indonesia dengan cara menipu rakyat indonesia , saat itu jepang memperkenalkan diri sebagai teman sesama asia dengan propagandanya yang dikenal dengan sebutan 3A. indonesia yang dikenal dengan masyarakat yan ramah tentu saja menyambut hal tersebut dengan hangat. apalagi jepang juga memberikan janji manis yaitu kemerdekaan dan kesejahteraan bangsa indonesia. tak jauh beda ternyata korea selatan juga termakan janji manis oleh jepang. korea menjadi wilayah kekaisaran jepang dari tahun 1910 hingga 1945. penjajahan terebut dimulai dengan perjanjian Ganghwa pada tahun 1876, perjanjian aneksasi pada tahun 1910 dan perjanjian eulsa pada tahun 1905.


2. Merdeka Berkat Perang Dunia Kedua



Pada saat tanggal 6 dan agustus 1945, Hirosima dan Nagasaki didaerah jepang mendapat serangan bom atom dari amerika serikat. peristiwa yang menghancurkan jepang ini membuat jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu pada tanggal 14 agustus 1945. kejadian inipun dimanfaatkan dan menjadi kunci negara-negara yang dijajah oleh jepang. Korea menyatakan kemerdekaan pada 15 Agustus 1945 dan Indonesia Pada tanggal 17 Agustus 1945. siapa sangka korea dan jepang memiliki sejarah yang hampir erupa mengenai penjajahan jepang dan cara terbebasnya.


3. Merasakan Kerja Paksa



Tentu saja masih jelas ingatan mengenai Romusha atau kerja paksa yang dilakukan oleh jepang terhadap rakyat Indonesia. Masyarakat kita terutama yang laki-laki baik yang masih muda ataupun yang sudah tua dipaksa bekerja dibawah kekuasaan jepang. Hal ini ternyata juga pernah dirasakan oleh masyarakat Korea sebelum merdeka. baik indonesia maupun korea para pekerja dilakukan secara tak manusiawi dan kejam oleh pra tentara jepang. jika kamu pernah menonton Battleship Island yang diintangi oleh Song Joong-ki, nah iyulah salah satu gambaran kerja paksa yang dilakukan oleh jepang.


4. Jugun Lanfu



Penjajahan jepang sangat memberikan luka yang sangat dalam bagi para wanita indonesia dikala itu. sangat banyak wanita indonesia bahkan yang masih dibawah umur ditawan oleh tentara jepang. mereka ditawan dan kemudian dijadikan budak pemuas nafsu oleh tentara jepang. para wanita ini lebih dikenal dengan sebutan Jugun lanfu. tak haya wanita indonesia, ternyata wanita korea juga merasakan hal serupa selama penjajahan jepang dikorea. bahkan korea sempat menuntut permintamaafan jepang atas perlakuannya dimasa lalu.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar